Rabu, 23 Juli 2008

Resetting Ubuntu Password

Pernahkah kita lupa password kita di ubuntu ? lalu apa yang akan kita lakukan bila kita lupa password kita di Ubuntu, apakah kita akan Install ulang mesin kita ?? sayang rasanya bila Ubuntu di mesin kita yang telah kita customize sedemikian rupa agar cantik di depan mata harus di Install ulang dan kembali ke kondisi standart hanya karena kita lupa password. Untuk teman-teman yang pernah mengalami hal serupa yaitu lupa password, jangan buru-buru untuk menginstall ulang mesin yang kita miliki karena mungkin kita masih bisa untuk mengakalinya.

Booting Ubuntu kita, dan pada saat masuk ke GRUB tekanlah tombol ESC utuk menampilkan detail menu. Pilih dan sorot kernel ubuntu kita dan tekan tombol E untuk mengeditnya. Pada bagian akhir kernel ketikkan perintah “init=/bin/bash” atau “init=path/to/shell” (ganti kata path/to/shell dengan lokasi dimana shell anda berada) untuk dapat langsung masuk ke shell tanpa ada perintah untuk memasukkan password (karena Ubuntu dan Debian Family biasanya akan tetap menanyakan password walaupun kita telah masuk ke mode single user).Setelah setelah itu tekan tombol ‘B’ untuk booting kernel dengan opsi yang telah kita tentukan yaitu “init=/bin/bash”

Setelah berada di Shell,bukan berarti kita langsung dapat mengganti password kita yang lupa, karena pada dasarnya mengganti password adalah merubah file /etc/shadow. Dan pada saat kita boot kernel, kita termount ke sistem dengan mode (ro) Read Only. Jadi sebelum kita dapat mengganti password kita, kita perlu untuk me-remount system kita (khususnya / ) dengan opsi rw agar dapat di baca (read) dan tulis (write) /etc/shadow
caranya, dari shell kita ketikkan :

#mount / -o remount, rw

#mount /usr -o remount, rw

setelah itu ketikkan : #passwd

New UNIX password:******* (masukkan password yang baru)

Retype new UNIX password: *******

passwd: password updated successfully

dan akhiri dengan mengetikkan perintah:

#mount / -o remount, ro

#mount /usr -o remount, ro

#sync

(catatan: sync digunakan untuk mem-flush buffer dari filesystem sebelum direboot) Setelah itu reboot system anda dengan perintah : #reboot

Insya Allah, setelah system reboot, anda akan langsung dapat login ke Ubuntu anda dengan menggunakan password yang baru.

Tidak ada komentar: