Rabu, 23 Juli 2008

DistribusiDvdReposUbuntu

Salah satu masalah jika menggunakan Ubuntu maupun distribusi GNU/Linux lainnya adalah jika ingin menginstall program. Paket program yang ada seringkali membutuhkan paket lain yang harus Anda install sebelumnya. Ubuntu menyediakan mekanisme instalasi yang sangat nyaman namun sayangnya akan berubah menjadi tidak nyaman karena Anda membutuhkan akses ke server repository. Dengan kata lain, Anda membutuhkan akses ke internet, yang masih sangat mahal bagi kebanyakan orang di Indonesia.

Saat ini, Anda pengguna Ubuntu di Indonesia, dapat melakukan instalasi program apa saja yang terdapat dalam repository Ubuntu tanpa perlu terhubung dengan Internet. Repository Ubuntu telah di-download dan dimasukkan ke DVD sehingga dapat didistribusikan dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan tentunya mendapatkan DVD repository tersebut.

Satu set repository berisi 3 sampai 5 keping DVD (tergantung versi Ubuntu yang Anda pesan) yang sudah lengkap berisi section main, restricted, universe, dan multiverse. Anda dapat langsung menggunakan DVD tersebut sebagai repository dari sistem Anda dan melakukan instalasi program dari ketiga DVD tersebut.

Untuk mendapatkan DVD repository Anda dapat menghubungi salah satu DistributorDvdReposUbuntu. Ada ongkos lelah yang harus Anda bayarkan sebagai ongkos lelah pembuatan DVD repository tersebut. Satu set repository dihargai antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 50.000,- (tergantung kesepakatan Anda dengan distributor yang bersangkutan). Harga tersebut tidak termasuk ongkos kirim untuk pengiriman ke tempat Anda. Cara pemesanan DVD repository dapat Anda baca pada PemesananDvdReposUbuntu.

Download Sendiri

Bagi Anda yang ingin membantu mendistribusikan Ubuntu DVD Repository dan memiliki bandwidth sangat lebar, silakan download sendiri ISO DVD Repository di ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu-repository/ Anda juga dapat mendownload dengan menggunakan Jigdo.

Cara Pakai DVD Repository Ubuntu

Melalui CLI:

  • Masukkan DVD repo Ubuntu kedalam DVD rom, lanjutkan dengan perintah
     $ sudo apt-cdrom add
  • Tunggu sampai selesai scan pakages
  • Selanjutnya beri nama DVD repository nya apa, misalnya Ubuntu-Main-Restricted.
  • Setelah selesai, masukkan lagi DVD berikutnya dan ikuti perintah seperti tadi.

Melalui Synaptic:

  • Buka Synaptic melalui System > Administration > Synaptic Package Manager

  • Di Synaptic Package Manager, pilih Settings > Repositories kemudian Add Cdrom lalu masukkan DVD repository nya ke DVD-ROM dan tunggu sampai scaning CDROM selesai.

Dan untuk menginstall program anda dapat menggunakan:

$ sudo apt-get install NamaAplikasi

Untuk info lebih lanjut silakan lihat halaman ManajemenPerangkatLunak.

Repositori Ubuntu ini dapat Anda gunakan untuk menginstal paket-paket dari seluruh jenis keluarga Ubuntu seperti Kubuntu, Edubuntu, maupun Xubuntu

Tidak ada komentar: